Lokakita Media
Media

Peneliti Sebut Perubahan Iklim Bisa Bikin Ukuran Burung Menyusut, Benarkah?

0 2.630

Belum lama ini, sebuah penelitian di sudut terpencil hutan hujan Amazon, Brasil menemukan bahwa perubahan iklim menyebabkan ukuran burung menyusut.

Rangers, dilansir dari Sciencenews.org, sekumpulan peneliti menghabiskan puluhan tahun meneliti perubahan iklim dan kaitannya dengan penyusutan ukuran burung di iklim tropis.

Berdasarkan jangka waktu penelitian, mereka menghabiskan puluhan tahun untuk menangkap dan mengukur burung di setiap petak kawasan hutan tersebut.

Setelah dihitung, memang benar bahwa ukuran burung di sana semakin kecil seiring berjalannya waktu.

Penyebab utama disinyalir bukan dari perluasan lahan seperti pembukaan jalan ataupun deforestasi, melainkan perubahan iklim.

Miris banget, ya! Agar lebih jelas, simak penjelasannya di bawah ini.

Perubahan Iklim Bikin Ukuran Burung Menyusut

burung hoatzin
aquaexpeditions.com

Selama 40 tahun, puluhan spesies burung Amazon telah menurun secara massal.

Menurut hasil laporan di Jurnal Science Advances,  banyak jenis burung kehilangan hampir 2 persen dari berat badan rata-rata mereka setiap dekade.

Perubahan tersebut bertepatan dengan iklim yang lebih panas dan lebih bervariasi.

“Perubahan iklim bukanlah sesuatu di masa depan. Itu terjadi sekarang dan telah terjadi dan memiliki efek yang belum pernah kita pikirkan,” kata Ben Winger, ahli burung dari Universitas Michigan, dilansir dari Sciencenews.org.

Selain Winger, banyak ahli biologi telah lama menghubungkan ukuran tubuh binatang dan suhu.

Pada iklim yang lebih dingin misalnya, ukuran hewan bisa lebih besar sebagai respons alami mengurangi kehilangan panas melalui kulit dan membuat tubuh lebih hangat.

“Saat iklim menghangat, ukuran tubuh burung akan menyusut untuk membantu organisme melepaskan panas dengan lebih baik,” kata Vitek Jirinec, ahli ekologi di Pusat Penelitian Ekologi Integral di Blue Lake, California.

Jika dilihat pada kasus burung di hutan hujan Amazon, disinyalir ukuran burung yang menyusut banyak terjadi pada spesies habitat iklim tropis.

Faktor Lainnya Terkait Penyusutan Ukuran Burung

ukuran burung kecil
theconversation.com

Lebih lanjut, perubahan ukuran burung ini bersamaan dengan peningkatan suhu rata-rata 1 derajat celcius secara keseluruhan pada musim hujan dan 1,65 derajat celcius pada musim kemarau.

Mengingat suhu dan curah hujan yang kerap berubah, penyusutan ukuran burung pun menjadi lebih variatif.

“Musim kemarau benar-benar membuat stres bagi burung. Massa tubuh mereka menurun paling banyak dalam satu atau dua tahun setelah musim panas dan kering,” kata Jirinec.

Dia turut menyebutkan bahwa faktor lain seperti penurunan ketersediaan makanan juga bisa jadi penyebab ukuran tubuh burung yang menyusut.

***

Rangers, itulah tadi informasi terbaru seputar berita lingkungan.

Kira-kira, jenis burung di Indonesia mengalami hal serupa enggak, ya?

Simak artikel menarik lainnya di Lokakita.com.

Semoga bermanfaat!

Reaksimu Tentang Artikel Ini
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
You have reacted on"Peneliti Sebut Perubahan Iklim Bisa Bikin Ukura..." A few seconds ago