Lokakita Media
Media

12 Jenis Beruang Terbesar di Dunia. Salah Satunya Mencapai 1 Ton, Lho!

0 512

Beruang merupakan salah satu hewan mamalia gigantik yang hidup di bumi. Dari sekian banyak spesiesnya, apa sih jenis beruang terbesar di dunia?

Kelompok beruang tergolong ke dalam famili Ursidae. Mereka ahli bagi menjadi tujuh genera yaitu Ailuropoda, Ailurus, Helarctos, Melursus, Ursus, Tremarctos, dan Arctodus,

Sebagian besar beruang merupakan hewan karnivora, meski beberapa di antaranya ahli identifikasi sebagai pemakan tumbuh-tumbuhan (herbivora) atau segalanya (omnivora).

Ursus adalah kelompok beruang yang paling umum kita jumpai, sedangkan Arctodus merupakan spesies beruang purba yang punah sejak 11.000 tahun silam.

Jenis-Jenis Beruang Terbesar di Dunia

Sama seperti hewan lainnya, ciri fisik beruang dipengaruhi oleh faktor genetik, habitat dan pola hidupnya. Tidak semua beruang tumbuh dengan ukuran yang sama, lho.

Beberapa dari mereka memiliki tinggi dan bobot tubuh yang sangat besar, bahkan berkali-kali lipat dari ukuran tubuh manusia.

Penasaran dengan jenis-jenis beruang terbesar di dunia? Yuk, kita hitung mundur!

12. Beruang Madu (Helarctos malayanus)

beruang madu

Beruang madu atau sun bear adalah spesies Helarctos yang hidup di area hutan topis Asia Tenggara.

Mereka dapat kita jumpai di daerah Kalimantan, Sumatra, kawasan Indocina, Cina Selatan, Burma, sampai Semenanjung Malaya.

Beruang madu merupakan spesies terkecil dari daftar beruang terbesar. Bobot tubuhnya berkisar 80 kg dengan tinggi mencapai 152 cm.

11. Panda Raksasa (Ailuropoda melanoleuca)

panda raksasa

Siapa sih yang tidak suka dengan spesies beruang ini? Memiliki tubuh buntal dengan corak putih dan hitam, panda raksasa memang terlihat sangat menggemaskan.

Tidak seperti beruang lain, panda raksasa tergolong sebagai hewan vegetarian.

Makanan utamanya berasal dari bambu, walaupun sesekali memakan telur dan serangga demi memenuhi kebutuhan nutrisi.

Menurut berbagai sumber, diameter tubuh A. melanoleuca dapat mencapai 183 cm. Bobot tubuhnya diperkirakan lebih dari 113 kg.

10. Beruang Sloth (Melursus ursinus)

beruang sloth

Usut punya usut, beruang sloth merupakan bentuk evoluasi dari beruang cokelat.

Mereka pertama kali ditemukan di anak benua India, serta ahli identifikasi sebagai pemakan serangga nokturnal.

Beruang sloth lebih kurus daripada beruang hitam Asia. Meski begitu, ia memiliki bulu yang lebih panjang dengan moncong pucat dan bulat.

Salah satu beruang terbesar di dunia ini dapat berbiak hingga 132 kg. Tingginya mencapai 183 cm, serta dikenal cukup agresif terhadap manusia.

9. Beruang Hitam Asia (Ursus thibetanus)

beruang hitam asia

Layaknya beruang sloth, beruang hitam Asia memiliki tanda putih di bagian dadanya. Corak tersebut lebih besar dengan bentuk menyerupai huruf ‘V’ atau bulan sabit.

Di alam liar, beruang hitam Asia berbiak hingga seberat 136 kg dengan tinggi 183 cm.

Populasinya ahli ketahui makin terancam akibat tingginya aktivitas perburuan organ satwa untuk kebutuhan obat tradisional.

8. Beruang Berkacamata (Tremarctos ornatus)

beruang berkacamata

Beruang berkacamata atau disebut juga sebagai beruang andes, ialah spesies Tremarctos endemik yang berasal dari Amerika Selatan.

Seperti namanya, beruang ini dapat kita tandai dari corak kehitaman di bagian mata. Bulu-bulu mereka berwarna hitam, walau terlihat agak cokelat atau kemerahan.

Bobot tubuh beruang andes ahli sinyalir berkisar 35-82 kg, sedangkan panjang tubuh dari kepala sampai bagian belakang mencapai 120-200 cm.

7. Beruang Hitam Amerika (Ursus americanus)

beruang hitam amerika

Selanjutnya, ada spesies beruang hitam Amerika yang menduduki posisi ke-7 beruang terbesar di dunia.

Panjang tubuh mereka antara 1,5-1,8 m, namun dengan bobot mencapai 90,7-272 kg.

Beruang hitam Amerika adalah spesies beruang terkecil di Amerika Utara. Bisa kalian bayangkan seberapa besar ukuran spesies lain di wilayah tersebut?

6. Beruang Cokelat Eurasia (Ursus arctos arctos)

beruang cokelat eurasia

Beruang cokelat Eurasia populer dengan julukan beruang cokelat Eropa. Mereka merupakan salah satu dari 16 subspesies beruang cokelat yang ada di dunia.

Beruang cokelat Eurasia memiliki bulu-bulu tebal dengan warna cokelat keemasan. Bobot rata-ratanya berkisar 265-355 kg, dengan rekor tinggi badan mencapai 2,5 m.

Di tahun 1.000 M, beruang cokelat Eurasia diburu secara masif oleh masyarakat Inggris. Mereka juga dijadikan atraksi pertarungan hewan oleh orang Romawi kuno.

5. Beruang Grizzly (Ursus arctos)

beruang grizzly

Tidak hanya besar, beruang cokelat atau grizzly juga tergolong cukup gesit. Kecepatan maksimumnya mencapai 56 km per jam, dengan bobot 80-600 kg dan tinggi 70-150 cm.

Beruang grizzly merupakan “aktor” yang cukup tersohor. Sosoknya kerap digambarkan dalam serial animasi TV, film, komik dan budaya populer lainnya.

Di alam liar, stereotip grizzly yang lucu justru terkenal sangat buas. Mereka juga dikenal dengan kebiasaannya berburu ikan tuna di sekitar air terjun.

4. Beruang Cokelat Ussuri (Ursus arctos lasiotus)

beruang cokelat ussuri

Di posisi ke-4 deretan beruang terbesar di dunia adalah grizzly hitam, atau biasa dikenal sebagai beruang cokelat Ussuri.

Ukuran hewan yang satu ini memang gigantik, mereka dapat berkembang biak hingga seberat 399-549 kg dengan panjang antara 180-275 cm.

Fakta menariknya, beruang cokelat Ussuri adalah salah satu fauna identitas negara Korea Utara.

Populasi mereka terancam di timur laut Cina, spesiesnya diburu oleh warga untuk diambil organ tubuh lalu diperjualbelikan di pasar gelap.

3. Beruang Cokelat Kamchatka (Ursus arctos beringianus)

beruang kamchatka

Kamchatka adalah jenis beruang cokelat terbesar yang ada di wilayah Eurasia. Panjang tubuhnya antara 2,4-3 m dengan bobot setidaknya 650 kg.

Sesuai namanya, beruang ini mendiami kawasan Kamchatka dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Mereka juga ditemukan di Pulau Saint Lawrence, Alaska.

Sebagian masyarakat meyakini, beruang cokelat Kamchatka merupakan nenek moyang dari beruang Kodiak. Mereka tidak menyerang manusia, meski terbilang cukup buas.

2. Beruang Kodiak (Ursus arctos middendorffi)

beruang kodiak

Inilah spesies beruang cokelat terbesar di dunia, beruang Kodiak. Berasal dari Kodiak, Alaska, bobot rata-rata hewan ini mencapai 680 kg.

Ketika berdiri, tinggi beruang Kodiak nyaris menyentuh angka 3 m. Sedang saat merangkak, panjang tubuhnya berkisar 152 cm atau setara 5 kaki.

Penampilan U. a. middendorffi sangat mirip dengan beruang cokelat lainnya. Bulu-bulu mereka tebal (bisa mencapai 10 cm) dengan warna cokelat keemasan.

1. Beruang Kutub (Ursus maritimus)

beruang kutub

Siapa sangka, posisi puncak dari daftar beruang terbesar di dunia ternyata diduduki oleh beruang kutub, lho, Rangers!

Berat rata-rata hewan tersebut mencapai 400-800 kg dengan tinggi sekitar 2,5 m lebih.

Pada tahun 1960, ditemukan spesies beruang kutub terbesar dengan bobot mencapai satu ton. Tingginya tidak main-main, yakni berkisar 3,9 m.

Dengan catatan tersebut, beruang kutub tidak hanya dinobatkan sebagai spesies beruang terbesar, namun juga predator darat paling gigantik yang masih tersisa.

Demikian informasi menarik seputar jenis-jenis beruang terbesar yang ada di dunia.

Nantikan artikel informatif lainnya dari Lokakita.com, ya.

Semoga bermanfaat!

Reaksimu Tentang Artikel Ini
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
You have reacted on"12 Jenis Beruang Terbesar di Dunia. Salah Satun..." A few seconds ago