Lokakita Media
Media

Kenali 8 Arti Warna Hijau dalam Perspektif Psikologi dan Kebudayaan

0 112

Kerap diasosiasikan sebagai lambang kesuburan dan alam semesta, apa arti warna hijau yang sebenarnya? Yuk, simak penjabaran dari Lokakita berikut ini.

Hijau pakar golongkan sebagai salah satu jenis warna sekunder. Ini merupakan hasil penggabungan antara warna kuning dan biru, serta komplemen dari warna magenta.

Secara umum, warna ini berhubungan erat dengan simbol-simbil natural seperti rerumputan, pepohonan, hingga rimbun hutan yang menenangkan.

Meski begitu, ternyata warna hijau juga memiliki makna berbeda dari perspektif psikologi dan kebudayaan. Lantas, apa arti warna hijau? Begini penjelasannya.

Arti Warna Hijau dalam Psikologi

1. Memberi Ketenangan

ketenangan jiwa

Dari sisi psikologi, warna hijau memang mampu memberikan ketenangan.

Bahkan warna ini membuat kita merasa nyaman berada di suatu ruangan, meskipun tempat tersebut terbilang baru atau asing.

Ditambah lagi, warna hijau sendiri mampu memberi efek rileksasi pada tubuh.

Menurut ahli, melihat dedaunan hijau setelah berjam-jam di depan komputer sangat baik untuk menenangkan otot mata.

2. Kehidupan dan Peradaban

arti warna hijau

Arti warna hijau sebagai simbol lingkungan dan alam, ternyata sudah terbentuk sejak ribuan tahun silam, tepatnya sejak masa evolusi.

Dahulu kala, manusia mengasosiasikan warna hijau seperti hutan sebagai tempat bernaung, mencari makan, hingga sumber air.

Karena itu, selama masih “terlihat” unsur hijau di alam. Maka, selama itu pula kehidupan dan peradaban akan terus berjalan.

3. Lambang Kesehatan

sehat dan sejahtera

Dalam dunia medis, hijau dikonotasikan sebagai lambang kesehatan dan kesejahteraan.

Karena itu, jangan heran jika banyak produsen obat-obatan yang memakai warna ini sebagai asosiasi brand mereka.

Begitu pula dengan makanan atau produk-produk berkonsep ramah lingkungan. Warna hijau dianggap mampu merepresentasikan keamanan serta kesehatan produk.

4. Menumbuhkan Optimisme

sifat optimis

Rangers, jika membahas apa arti warna hijau, tentu tidak lengkap apabila tidak memasukkan rasa optimisme sebagai salah satu faktornya.

Memang, dalam berbagai penelitian, terbukti jika warna hijau mampu menumbuhkan motivasi serta optimisme dalam diri seseorang.

Pada tahun 2016, sekelompok orang diminta untuk melihat serta mengingat kumpulan kata-kata yang ditulis dengan berbagai warna.

Hasilnya, sebagian besar partisipan cenderung mengingat kata-kata positif yang ditulis dengan warna hijau. Menarik sekali, bukan?

5. Keberanian dan Kebangkitan

sifat keberanian

Tidak cuma menenangkan, arti warna hijau juga berhubungan erat dengan simbol keberanian serta kebangkitan suatu kelompok.

Teori psikologi ini banyak diadopsi oleh instansi militer maupun pemerintahan.

Dengan menampilkan warna hijau sebagai brand image-nya, instansi-instansi tersebut ingin menunjukkan kesan “berani” di dalam organisasi mereka.

Arti Warna Hijau dalam Kebudayaan

6. Simbol Keagamaan

simbol keagamaan

Apa arti warna hijau dalam perspektif kebudayaan? Sangat banyak, salah satunya sebagai simbol keagamaan. Seperti agama Islam dan Katolik, misalnya.

Bagi umat Islam, hijau adalah warna suci yang mewakili perdamaian dan kerukunan. Sedangkan di agama Katolik, warna ini diasosiasikan sebagai simbol kebangkitan.

Di Irlandia, warna hijau mewakili kelompok keagamaan Irlandia-Katolik. Sedangkan orang Irlandia-Prostestan biasanya diwakilkan dengan warna oranye.

7. Mistis dan Mitologi

mitologi yunani
jessicaadams.com

Di beberapa kebudayaan, warna hijau ternyata berhubungan erat dengan kisah-kisah mistis serta mitologi, misalnya saja di Britania Raya.

Masyarakat awam menganggap warna hijau sebagai pertanda sifat mistis atau magis. Persepsi ini bahkan tertulis dalam kisah kuno mengenai Raja Arthur, lho.

Sedangkan dalam cerita mitologi, hijau diasosiasikan sebagai lambang cinta. Ini berkaitan dengan Dewi Romawi, Venus dan Dewi Yunani, Aphrodite.

8. Kekayaan dan Status Sosial

harta dan tahta

Pernah mendengar istilah “greenback?” Istilah ini jamak digunakan oleh warga Amerika Serikat untuk merujuk pada mata uang kertas.

Sejak dahulu kala, hijau memang memiliki keterkaitan erat dengan kekayaan dan tahta.

Dalam budaya Aztec, warna ini dianggap sebagai simbol kebangsawanan. Sedangkan di Skotlandia, masyarakat memakai pakaian hijau sebagai tanda penghormatan.

Bahkan di Ghardaia dan sebagian wilayah M’zab, orang-orang yang telah melakukan ziarah ke Mekkah biasanya mengecat rumah dengan warna hijau sebagai penanda.

Nah Rangers, setelah membaca ulasan di atas, sekarang kalian sudah paham ‘kan apa arti warna hijau dalam psikologi dan kebudayaan?

Nantikan berbagai artikel menarik lain dari Lokakita.com, ya.

Semoga bermanfaat!

Reaksimu Tentang Artikel Ini
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
You have reacted on"Kenali 8 Arti Warna Hijau dalam Perspektif Psik..." A few seconds ago